Memasang Repositori Lokal pada Debian Squeeze

 

Pada kali ini saya akan menulis tentang langkah untuk mengganti alamat repositori di Debian Squeeze. Setelah berhasil menghubungkan modem AC2726 dengan Debian 6, selanjutnya saya akan mengupdate seluruh paket-paketnya. Untuk mempercepat proses pemutakhiran paket maka kita menggunakan cara lama yaitu menggunakan server repository yang dekat dengan tempat kita.

Sebagai contoh, repositori Debian Squeeze yang dekat dengan tempat saya yaitu repo.ugm.ac.id yang berada di kota Jogja. Sayapun bersegera menuju ke eb repo.ugm.ac.id & masuk ke list reponya Debian Squeeze ini. Kemudian saya salin alamat url repo Debian Squeeze ini sambil menyamakan dengan  webnya Om Geazzy yang membahas tentang sources listnya. Kemudian saya buka terminal & ketik

su >masuk ke root & isi passkeynya

lanjut dengan command

nano /etc/apt/sources.list lalu enter

pada  konfigurasi standarnya akan tampak repo security Debiannya. Lalu saya tambahkan repositori dari UGM ini ke dalam list tersebut

# Repo UGM Debian Squeeze
deb http://repo.ugm.ac.id/debian squeeze main non-free contrib
deb-src http://repo.ugm.ac.id/debian squeeze main non-free contrib

lalu saya simpan & close. Selanjutnya saya update semua paket Debiannya dengan command apt-get update. Imbas dari pemakaian repo lokal ini yaitu proses update serta pengunduhannya berlangsung lebih cepat kendati internet yang saya miliki tidak bagus. Coba kalau punya koneksi dewa, pastinya lebih wuzzz seperti Hayabusa

Bagi teman-teman yang bertempat berbeda dengan saya maka silahkan search alamat repo Debian Squeeze ini, cara untuk memasangnya di sources list pun sama dengan yang saya lakukan di atas.

Demikian & terima kasih

1 komentar:

zahedCS mengatakan...

Hmm… I interpret blogs on a analogous issue, however i never visited your blog. I added it to populars also i’ll be your faithful primer. Recuva crack

Posting Komentar

Klick Here!

 
Design by Lukman SCom Site | Bloggerized by Lukmanul Hakim - Teknik Komputer dan Jaringan | Welcome To my blog